Konten [Tampil]

Lagi heboh tentang Ghozali yang photo selfinya dihargai sampai mliyaran rupiah! Photo selfinya sangat biasa banget. Mohon maaf ganteng mungkin selebri buanyak, photo artistik banyak juga photografer yg keren keren. Nah trus letak mahalnya dimana?

Untuk bisa jawab keseluruhan harus ngerti dulu apa itu NFT, binatang jenis apa sih NFT tuh? nanti mungkin kita bahas sisi teknisnya ya (masih belajar juga sih).

Yang mau saya highlite disini adalah, pertama bahwa si Ghozali ini melakukan selfi yang amat biasa itu setiap hari selama 5 tahun. Keyword disini adalah "Konsisten".

Kedua si Ghozali ini bisa konsisten melakukan selfi itu, yg pasti banyak yg anggap gila (ini asumsi saya sih, membayangkan ada anggota keluarga kita melakukan itu tiap hari selama 5 tahun haha), tapi dia tetap lakukan terus secara konsisten. Keyword kedua adalah "Believe".

Dia iseng lah luncurkan photo2 aset digital selfie itu di opensea (salahsatu marketplace NFT), disaat yg tepat, plus rezeki keberuntugan pula. Keyword ke 3 disini adalh "Kesempatan".

Jadi, Konsisten+Believe+Kesempatan= Boom!

Terlepas dari teknikaliti tentang NFT dan komunitasnya, juga halal atau haram transaksi crypro ini (I don't judge morality), apa yang bisa kita pelajari dari fenomena Ghozali ini?

Be consistent in what you believe, and when the time is right, when the opportunity arrived, that's it!

 

JKT/Jumat 14 Jan 2022